TIKET MASUK SMA SULIT ?

TIKET MASUK SMA SULIT ? Hasby Faydlul Barokat, S.Pd. (Guru Bahasa Indonesia - SMP Negeri 6 Bandung)

Oleh : Hasby Faydlul Barokat, S.Pd. (Guru Bahasa Indonesia - SMP Negeri 6 Bandung)

Kementerian Pendidikan terus berbenah demi terwujudnya generasi emas bangsa ini. Salah satu yang dibenahi adalah proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Jika dulu yang dijadikan acuan untuk bisa mendaftar ke SMP dan SMA adalah hanya menggunakan nilai akademik, maka kini ada beberapa pilihan cara untuk mendaftar. Melalui Permendikbud No. 44 Tahun 2019, pemerintah mengubah paradigma bahwa hanya peserta didik yang nilai akademiknya tinggi yang dapat mengenyam sekolah negeri. Dilansir situs SIAP-PPDB.com, PPDB saat ini dapat ditempuh melalui berbagai jalur, salah satunya yaitu melalui jalur prestasi baik akademik maupun non akademik.

SMP Negeri 6 Bandung mendukung penuh program tersebut. Terbukti dengan diikutsertakannya para peserta didik dalam perlombaan-perlombaan yang diselenggarakan berbagai pihak sesuai dengan bakat yang dimiliki peserta didik. Sudah banyak peserta didik SMP Negeri 6 Bandung yang melanjutkan SMA ataupun SMK melalui jalur ini.

sumber : disdik Jabar

Tahun ini, salah satu peserta didik SMP Negeri 6 Bandung yaitu Raden Gilang Alfariji berhasil meraih medali perak dalam ajang FLS2N tingkat Kota Bandung. Prestasi ini sudah barang tentu menjadi kebanggaan untuk SMP Negeri 6 Bandung, orang tua dan terutama Gilang sendiri. Sertifikat yang diperoleh dapat menjadi tiket masuk bagi Gilang nantinya dalam menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui jalur prestasi non akademik. Tentu itulah kado yang paling istimewa bagi Gilang.

Jadi tak ada lagi anggapan bahwa hanya peserta didik yang pintar akademik saja yang bisa bersekolah di negeri. Berprestasilah dalam bidang apapun, maka sekolah impianmu pasti ada dalam genggaman.


  • Bagikan: